Outcome

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada bangsa dan Negara;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dankepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Bertanggungjawab pada profesi bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi dan organisasi;
  12. Menginternalisasi nilai-nilai keislaman sesuai dengan matakuliah,
  13. Keyakinan dan cita-cita hidup warga Negara.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai pengetahuan dasar ilmu kewarganegaraan, politik, hukum, ekonomi, kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa serta nilai, moral dan budaya Pancasila;
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan dan keguruan/pedagogik yang meliputi teori dasar pendidikan, kebijakan pendidikan, kurikulum, metodologi dan penilaian.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilm pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur sebagai sarjana Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan bidang Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga program studi Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawab Program Studi Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawab Program Studi Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam bidang Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan.
  10. Mampu memiliki kecakapan berbahasa Inggris dengan capaian TOEFL 450 dan berkomunikasi dengan baik dan benar.
  11. Mampumengaplikasikan pembelajaran berbasis IT yangberkualitas.

Prosepek Kerja Kedepan

  1. Bekerja di Lingkungan Pemerintahan Daerah di Provinsi dan Daerah di instansi sekolah SMA/MA dan SMP/MTs baik sekolah negeri dan swasta
  2. Bekerja di Lingkungan Pemerintah Daerah Menjadi Staff Ahli Bidang Hukum dan Ketatanegaraan
  3. Bekerja di Lingkungan Pemerintah Desa Menjadi Staff Ahli Bidang Hukum dan Ketatanegaraan dan sekretaris Desa
  4. Bekerja pada NGO, Organisasi Sosial, dan Organisasi Pendidikan menjadi konsultan pendidikan, konsultan hukum dan pengembangan diri
Share This